Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Mengubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi

Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi | Halo Sobat, sudah lama nih gak update di blog ini dikarenakan suatu hal dan faktor kesibukan saya, dan saya juga mohon maaf buat pengunjung blog ini karena tidak sempat merespon komentar dan pertanyaan dari Sobat-sobat. Seperti yang saya janjikan sebelumnya dalam potingan saya tentang Cara Beli atau Membuat Domain Sendiri, maka pada postingan kali ini saya akan membahas kelanjutan dari postingan saya tersebut yaitu tentang bagaimana cara merubah domain blogspot menjadi domain sendiri. Disini saya asumsikan Sobat telah membaca postingan saya sebelumnya dan memiliki domain sendiri atau domain pribadi. Untuk mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri kita menggunakan fasilitas custom domain yang ada di menu dashboard blogger. Custom domain ini adalah salah satu fasilitas dari Blogger.com yang memungkinkan kita untuk mengubah alamat blog kita di subdomain blogspot.com dengan domain yang kita miliki sendiri, misalnya http://coba-coba.blogspot.com yang di custom domain (diubah nama domain nya) menjadi http://coba-coba.com. jadi nantinya Semua traffic yang menuju alamat blog lama akan diarahkan ke alamat domain baru. Ok langsung saja kita ke langkah-langkah untuk mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri.

  1. Masuk ke Cpanel aksimaya penyedia jasa domain, pada tutorial ini di https://manage.pusatmedia.com/clientarea.php (sesuaikan dengan layanan yang sobat pakai). akan nambak halaman seperti gambar dibawah, kemudian klik "view"
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  2. Kemudian Pilih "Manage Domain"
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  3. Pilih "Manage DNS
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  4. Pilih "CNAME (Alias)
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  5. Langkah selanjutnya kita beralih sejenak ke akun blogger. Masuk ke Dashboard Blogger => Pilih Menu Setting, kemudian klik tautan yang saya beri lingkaran merah digambar 
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  6. Sekarang masukkan domain pribadi sobat lalu Simpan 
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  7. Selanjutnya akan muncul pesan error atau peringatan seperti gambar di bawah. itu tidak apa - apa alias wajar. Error ini muncul karena Sobat belum mengatur atau mengkonfigurasi DNS (Domain Name Server) di cpanel domain. Catat dan simpan pada bagian yang saya beri kotak warna merah dibawah. 
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  8. Kembali ke Pengaturan DNS di CPanel Layanan Domain. Masukkan Host name dan value yang diberikan oleh Blogger yang sudah dicatat di langkah sebelumnya. ikuti petunjuk gambar dibawah 
    Merubah Domain Blogspot ke Domain PribadiMerubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  9. Pengaturan DNS telah selesai dan klik "Simpan" dan sobat sudah bisa logout dari CPanel aksimaya
  10. Kembali ke Dashboard Blogger. Sampai disini kita tidak serta merta dapat menyimpan konfigurasi untuk pengalihan domain. Jika  Sobat menyimpan pengaturan pengalihan domain, maka pesan error pada poin 7 diatas masih ada. Silahkan menunggu 1 sampai 4 jam agar baik itu server dan hosting bisa terkoneksi dan mengarah dengan semestinya. Dan jika waktu menunggu dirasa sudah cukup, Simpan Pengaturan Dalam Akun Blogspot hingga tidak muncul tulisan error, seperti screenshot di bawah ini.
    Merubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi
  11. Jangan lupa Cheklist (centang) yang bertanda merah pada gambar diatas agar domain Sobat bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www.
  12. Simpan Pengaturan dan Selesai.
Ok saya kira sudah cukup penjelasan saya, Selamat mencoba dan semoga tulisan saya ini bermanfaat buat semuanya.

Mengubah Domain Blogspot ke Domain Pribadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 komentar:

Unknown said...

Makasih atas tutorialnya bro saya juga sudah ganti domain tapi syang saya membelinya di Namecheap...

Unknown said...

@Wonosari : Bagus juga tu Bro, Namecheap salah satu Server yang berkualitas dari amerika. Terima kasih sudah mampir n salam kenal.

Unknown said...

bole di coba nih bro...
salam sukses....